Articles

Oleh-oleh Dari Cianjur

In Road Trip on May 19, 2011 by ardisama84 Tagged: , , , ,

Lambang Kabupaten Cianjur

Ketika mendengar kata Cianjur, sebagian orang kemungkinan akan menghubung-hubungkannya dengan daerah penghasil beras. Jika anda berpikir demikian, berarti anda sepemikiran dengan saya😀. Cianjur, merupakan kabupaten yang berbatasan dengan Bogor dan Purwakarta yang terkenal dengan beras Pandan Wanginya. Beras jenis ini beraroma wangi pandan, rasanya enak, pulen dan tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Lebih jauh, saya membaca di wikipedia, perhatian saya tertuju pada bagian wisata, disana tertulis “Objek wisata yang ditawarkan : Pantai Jayanti, Taman Bunga Nusantara, Taman Cibodas, Situs Gunung Padang, Gunung Gede Kab. Cianjur. Situs Gunung Padang sengaja saya bold, karena hari minggu, 15 Mei yang lalu, saya gowes ke situs tersebut, pada event Gowes Kolosal CikarangMTB bersama goweser Sugar Brown, dan beberapa rekan goweser dari luar kota cikarang. Tapi bahas gowesnya nanti aja, di posting berikutnya, sekarang lebih fokus dengan “Ada Apa Sih di Situs Gunung Padang?”.

Terletak di desa Karyamukti, kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, situs Gunung Padang merupakan cagar budaya peninggalan jaman Megalitikum di Indonesia. Pada zaman Megalitikum manusia sudah dapat membangun kebudayaan yang terbuat dan batu-batu besar. Jadi tidak heran jika situs Gunung Padang diisi oleh mayoritas reruntuhan batu-batu besar.

Dari pintu masuk situs, kita harus menaiki 378 anak tangga, fuuuh.. lumayan menguras tenaga. Situs Gunung Padang terdiri dari 5 teras utama, yang menurut guide setempat, masing-masing teras memiliki keunikan sendiri.

Teras #1

Terdapat Batu Gamelan, konon batu ini terletak di ruang tamu. Kemungkinan digunakan sebagai sarana hiburan

Teras #1

Teras #2

Terdapat Batu Lumbung, Batu Kursi dan Tapak Kujang. Menurut sang guide, Batu Kursi digunakan sebagai sarana meeting, ternyata orang-orang megalitikum sudah mengenal meeting di meja, ada-ada saja😀.

Batu Kujang

Teras #3

Terdapat Baju Tapak Macan, konon ada dua tapak yang berbekas pada satu batu, jadi sepeti tertimpa, setelah melihat tapak tersebut, saya berpikir, ternyata macan dulu gede-gede ya, tapaknya saja sebesar kepala manusia, #ngeri_digaplok.

Batu Tapak Macan

Teras #4

Terdapat Batu Gendong, menurut Mang Guide, tidak semua orang bisa mengangkatnya, Ade Rai sekalipun #loh?, karena konon batu bertuah ini hanya bisa diangkat (dengan cara digendong) oleh orang-orang tertentu (baca: lagi hoki), anda kah salah satunya?

Menguji Peruntungan - Batu Gendong

Teras #5

Terdapat Batu Kepangkatan dan Batu Pendaringan. Saya kurang jelas mengenai teras ini, sejauh pemahaman saya, teras ini merupakan tempat peristirahatan dan sejenis tempat ibadah untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.

Teras #5

Itulah kelima teras Situs Gunung Padang, jalur pulang berbeda dengan jalur datang, dibuat lebih landai dan menggunakan tangga beton (bukan batu alam). Situs Gunung Padang, Machu Picchu-nya Indonesia🙂

Eh sampai lupa, judulnya kan oleh-oleh, mana oleh-olehnya? bukan beras bukan bubur gasol, lihat gambar di bawah ini, tanah Cianjur menempel di sepeda dan sepatu😀.

4 Responses to “Oleh-oleh Dari Cianjur”

  1. orang jaman dulu keren juga ya bisa ngibulin orang jaman sekarang😀
    *bikinnya pake semen kali

  2. […] Oleh-oleh Dari Cianjur Oleh-oleh cianjur ~ oleholehcianjur, 1 vote oleh-oleh cianjur wajib tag : wisata kuliner , tauco cianju oleh-oleh cianjur khas sukabumi cianjur posted october 23,. […]

  3. […] Oleh-oleh Dari Cianjur […]

  4. […] Oleh-oleh Dari Cianjur Oleh oleh cianjur – dessert shop – foursquare., Oleh oleh cianjur. jl.raya dr.muwardi cianjur,ban indonesia. directions. @reniisy. . indonesia » west java » business? claim .. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: