Articles

Dari Utak-atik Desain Jadi Jersey

In Aje's News, Futsal on April 23, 2011 by ardisama84 Tagged: , , , ,

CQG Futsal Team, sebuah tim futsal kantoran. Entah kapan tim ini mulai terbentuk, yang jelas tim yang merupakan gabungan dari dua sub-departemen salah satu perusahaan elektronik ini mulai aktif melakukan pertandingan uji coba sejak akhir tahun 2010. Hanya meraih satu kali seri dan sisanya kekalahan dari sekitar 8 pertandingan uji coba. Tidak bisa dibilang membanggakan memang, tapi  itu lah jalan menuju “prestasi” yang harus kami tempuh. Perlahan tapi pasti, kami berhasil mengurangi margin score yang pada awalnya cukup “lebar”.

Tim ini belum didukung oleh kantor, jadi segala hal yang berhubungan dengan keuangan diambil dari dana pribadi. Karena belum didukung otomatis jersey pun tak punya #dooh, hanya berbekal rompi ijo pinjamanlah kami bertanding. Pada suatu siang yang cerah khas cikarang, tercetuslah ide untuk membuat jersey, sebagai lambang identitas tim dan kekompakan, lagian saya cape’ kalau setiap habis bertanding harus memikul beban nyuci rompi #capedeh. Untuk desain, saya memulainya dari googling template yang bagus untuk jersey. Mulai dari keyword “jersey bola”, “baju bola”, “desain jersey”, “template jersey” sampai “football jersey design”, akhirnya ketemu template yang benar-benar bagus. Ternyata diluar banyak yang membuat template jersey-jersey dari tim-tim sepakbola, bahkan ada kompetisinya, dimuat pada Mockups Magazine, mungkin sejenis majalah yang berbahasa latin. Ini dia list website yang menurut saya mockups-nya bagus-bagus:

  1. http://www.switchimageproject.com
  2. http://jrkits.blogspot.com/
  3. http://footballkitsdesign.blogspot.com/
  4. http://winnerkits.blogspot.com/
Dari web-web tersebut saya ambil satu desain untuk diutak-atik, dan ini lah hasilnya, sedikit ber-aroma spanyol, kali aja permainan kami di lapangan nanti bakal secantik timnas spanyol #ngebanyol. Untuk kiper, saya ambil dari mockup-nya jersey kiper AC Milan.

Design Jersey Futsal

Design Futsal_GK

Design Futsal Goal Keeper

Design udah OK, tinggal vendor jerseynya nih, yang harus nyari-nyari lagi. Dengan tuntutan harga jersey harus di bawah 75 ribu, maklum banyak kreditan yang belum lunas #dooh. Pindah dari thread ke thread (kaskus.us), rata-rata setiap vendor memberi harga 100 ribu, wah ga masuk anggaran nih pikirku. Akhirnya saya menghubungi adik yang sedang kuliah di jogja, dengan asumsi biasanya harga di kota pelajar lebih bersaing (baca:murah). Dan ternyata ada, vendor ini memberi harga jauh di bawah 75 ribu, dengan bahan serena, logo dan nomor punggung di bordir. Cukup murah, mungkin dari segi kualitas tidak sebaik vendor-vendor yang mematok harga 100 ribuan, tapi ini yang kami butuhkan, harganya masih masuk kantong kami. Terhitung 18 orang yang memesan jersey ini, lebih dari target awal yang cuma 12 orang. Berikut hasil jadi jersey CQG Futsal Tim, sedikit berbeda dengan design, tapi gapapa lah😛. Launching jersey, langsung menang, BRAVO CQG!!
Launcing Jersey CQG Futsal Team

Launcing Jersey CQG Futsal Team

10 Responses to “Dari Utak-atik Desain Jadi Jersey”

  1. Ada kemiripan dengan jersey Liverpool, Liverpudlian ya?

  2. utenk was here..

  3. lo yg design jek??

  4. lo kok jadi kiper jek??? kesian banget wwkwkw

    • He3.. itulah do, mindset anak indonesia kebanyakan biasanya kalo yg jago maunya jadi penyerang, yang kupret dijadiin kiper. hasilnya.. orang cem markus aja dibilang yg terbaik di Indonesia *cuih.. Kita harus mengubah mindset yang demikian, demi Kiper Indonesia yang Berkualitas!! MERDEKA!! #eh

      • curhat ya jek.
        kalo kiper kemasukan di gobl*k2in, tapi klo striker mandul cuma cengar cengir aja ya, hehe

  5. bos vendornya ada alamatnya gag??

  6. Cara download templatenya gmna gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: