Articles

[Gowes] Bike To Work On Fasting Days :Day #16:

In Aje's News, Bike, Health on August 26, 2010 by ardisama84 Tagged: , , , , , , , ,

Siang-siang puasa di bulan ramadhan, rasa kantuk kadang tidak bisa ditahan lagi, secara tidak sengaja pandangan teralih pada siaran tv digital tepat 10 meter di sisi kanan meja kerja saya, entah itu siaran dari negara mana. Materi siaran membahas model transportasi di kota-kota besar. Diantaranya ada juga yang mirip dengan busway, tapi entah apa namanya. Yang menjadi perhatian saya adalah mode transportasi sepeda, jadi pada titik-titik tertentu dalam kota ada portal untuk menyewa sepeda, dengan menggunakan kartu khusus sejenis atm berlogo “eco” anda sudah bisa membawa sepeda untuk beraktivitas.

Iseng-iseng saya mencari di bagian image google.com dengan keyword “eco card”, hasil pencarian hanya kartu-kartu bertuliskan eco. Kemudian saya sisipkan keyword “bike,”  dan muncul gambar kartu remi dan beberapa sepeda, nah kebetulan ada gambar sepeda berjejer yang mirip dengan siaran tv tadi. langsung saya saya klik linknya, ternyata mode baru transportasi di jepang, diresmikan sekitar akhir 2009. Saya bahas sedikit disini, jadi sepeda-sepeda ini merupakan program komunitas sepeda yang disponsori oleh Kementrian lingkungan hidup dan biro pariwisata jepang, suatu program yang menyediakan sarana sepeda untuk perjalanan berjarak dekat di pusat kota tokyo. Ada sekitar 85 sepeda yang tersedia pada tempat yang dinamakan “Eco-Port”, setiap eco-port berjarak lebih kurang 300 meter dan sepeda dapat diletakkan (drop-off) di eco-port manapun.

Mode Transportasi Sepeda Di Tokyo, Jepang

Untuk menggunakan sepeda, seseorang harus memiliki kartu tertentu yang akan digunakan pada panel di eco-port, untuk mendapatkan kartu ini seseorang harus terlebih dahulu mendaftarkan diri tempat-tempat yang telah ditentukan, pendaftarannya membutuhkan nomor kartu kredit dengan tujuan untuk mencegah pencurian sepeda. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftarkan diri adalah sebagai berikut:

  1. Biaya pendaftaraan JPY 1000, ato sekitar IDR 106.504 dengan kurs hari ini.
  2. 30 menit pertama penggunaan sepeda gratis, per 10 menit selanjutnya akan dikenai biaya JPY 100, ya sekitar 10 ribu lha.
  3. Penggunaan sepeda lebih dari 3 jam, biaya per 5 menit naik menjadi JPY 100.
  4. Jika sepeda tidak kembali dalam kurun waktu 24 jam, akan ditarik tagihan dari kartu kredit pengguna untuk mengganti sepeda.

Cukup menarik juga untuk solusi transportasi jarak dekat, kalo niat gratisan setiap 30 menit ganti sepeda😀. Bisa diterapkan di Indonesia kah? :pesimis:

Eits.. hampir lupa foto of the day-nya😛

Tricycle, Near Mattel Factories, Picture Take By Seto, My Friend

2 Responses to “[Gowes] Bike To Work On Fasting Days :Day #16:”

  1. apenye bike to work.. di jogja banyk kalo kyk gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: