Articles

[Gowes] Saresehan Goweser Se-Cikarang

In Aje's News, Bike on August 9, 2010 by ardisama84 Tagged: , , , , , , , , , ,

Minggu 8/8/2010, bangun jam 5.35 pagi, langsung mandi lalu solat subuh. Tiga belas menit selepas pukul 6, dentum nada ringtone hape berbunyi pertanda sebuah sms masuk. “sy di alfa midi om” sebuah sms dari Om Evi. Penasaran apa sih yang spesial hari ini sampai harus bangun dan mandi pagi? flashback ke beberapa hari yang lalu *wuuuzzztt*, selasa malam, panggilan telpon dari Om Asol.

Om Asol: “Halo om ardian, om asol nih”

Saya: “Halo om, iya ada apa?”

Om Asol: “Itu om buat hari minggu, tolong dikumpulin teman-teman Samsung, untuk datang ke Saresehan Goweser Cikarang di Cpark, yang masih nubie-nubie diajakin aja”

Saya: “Acaranya ngapain aja om?”

Om Asol: “Gowes bareng track c-park, soft launcing family track, bike clinic, charity fund”

Saya: “Wah mantabs tuh”

Om Asol: “Nanti tolong di sms jumlah goweser dari samsung, biasa buat door prize”

Saya: “Sip, siap!!”

Hari berikutnya langsung saja saya forward ke rekan-rekan goweser se-samsung mengenai event ini, itung punya itung lumayan dapat lah sekitar 10 goweser yang bersedia ke acara tersebut. Langsung sms ke Om Asol, “Halo kang asol, dari samsung 10 orang yang ikut”. Hari pun berganti minggu lagi*Wretttttz*.

Pindah cerita, pukul 6.30 pagi Om Seto mengetuk pintu kamar, tanda dia sudah siap. Ambil tas lowepro salah beli (maunya untuk kamera malah beli tas untuk handycam), masukin duit 20rb dan hape, kunci kamar, berangkat menuju alfamidi. Matahari belum terlalu terik pagi itu, udaranya pun masih segar, kendaraan bermotor masih jarang yang lalu lalang seperti weekday, nikmatnya gowes pagi hari.

Dalam waktu lebih kurang 10 menit, tibalah kami di alfamidi, disana sudah menunggu Om Owi, Om Evi, si Yopi, Om Tri dan anaknya, menyusul di belakang kami Om Gede dan Om Pande. Tanpa menunggu lama, langsung meluncur ke arah AA bike. Disana sudah menunggu goweser samsung lain dari arah perum. graha asri, Om Cip, Om Rosyid dkk. Ngobrol-ngobrol casciscus bentar, beli aqua botol, ada yang sarapan bubur, lanjutkan pergowesan ke arah C-Park Deltamas, lewat jalan potong.

Akhirnya tiba juga di C-Park, kami diarahkan untuk memarkir sepeda di kantor pemasaran deltamas, disambut oleh om-om yang sudah sering beredar di dunia pergowesan cikarang, seperti Om Asol, Om Asup dan Om Adji. Ternyata banyak juga goweser dari cikarang dan sekitarnya yang datang, area parkiran dipenuhi sepeda yang tertata dengan rapi.


Appetizer:

Mau es kelapa muda? lontong opor? ato gorengan? daftar dulu.. Yup pendaftaran untuk mendapatkan stiker bikewear, kupon makan dan kupon doorprize, All Free lho!! Berhubung goweser yang datang banyak, jadi daftarnya harap antri ya.

Antri Daftar, Sambil Ngiler Liatin Stand Makanan

Absen Hadir, Bonus Stiker, Kupon Door-Prize dan Kupon Makan

Ngarep Bawa Pulang Door-Prize, Nulisnya Pake Niat :p

Tiga jenis kupon sudah di tangan, yaitu kupon es kelapa muda senilai IDR 4rb, kupon makan senilai IDR 10rb dan kupon cemilan senilai IDR 2rb. Perut sudah keroncongan, maklum tadi belum makan bubur ayam depan AA bike😀, perlahan tapi pasti merapat ke stand makanan, wah antri lagi, banyak yang senasib berarti.

Nah stand es kelapa muda masih sepi, ambil minumnya aja dulu. Lihat gorengan yang baru matang, langsung samperin ibu yang goreng, belaga polos nanya:

Saya: “Bu, ini udah matang?”

Si Ibu: “Udah mas”

Saya: “Boleh diambil?,

Si Ibu: “Silahkan mas”

Saya: “Saya ambil 6 buah ya bu, ini kupon cemilannya 3 lembar”

Gorengan dapat, kupon pun diserahkan. Sambil nunggu si Yopi antri lontong opor, saya seruput es kelapa muda, sambil menikmati panasnya pisang goreng.

Tak berapa lama si Yopi pun datang dengan opor lontong hasil antri dari tadi, happ.. dalam waktu 5 menit, lontong opor pun habis, maklum laper berat :p. Dari kejauhan suara Om Adji dan Om Abeng memanggil-manggil agar para goweser berkumpul untuk briefing acara.

Secara santai dan fun tapi detail duo MC ini menjelaskan agenda acara hari ini, mulai dari Gowes bareng track c-park, soft launcing family track, race duo keong racun, bike clinic sampai charity fund yang akan didonasikan kepada ibu pemilik warung di jembatan gantung, yang warungnya hancur akibat terpaan angin. Detail track dijelaskan oleh Om Ratman selaku track guide, dan briefing diakhiri oleh do’a yang dipimpin oleh Om BI.

Track Safety Briefing

Goweser Cikarang Menikmati Briefing Saresehan

Do'a Bersama Dipimpin Oleh Om BI

Main Course:

1. Gowes Bareng Track C-Park

Antusiasme goweser bisa dibilang cukup tinggi, terbukti sekitar 100-an lebih penggowes turut menjajal track ini. Berhubung track ini untuk single-track maka goweser dibagi menjadi beberapa kloter, untuk menghindari antrian maupun kecelakan akibat padatnya lalu lintas track, tapi namanya juga gowes fun, ada-ada aja tingkah dari gowes cikarang, ada yang tiba-tiba TTB karena salah pasang setelan gear, tau-tau gasruk karena salah perkiraan, hampir masuk sawah (untung sawahnya kering).

Harus TTB? It's Still Ok and Fun

Habis Turunan Ini Langsung Nanjak Loh Om :p

Terjatuh Keluar Track? Om Ini Tetap Kekeuh Melanjutkan Gowesnya *Two Thumbs Up*

Narsis Di Puncak Banner "Kota Delta Mas"

2. Soft Launching Family Track
Kalo sudah menjajal track C-Park tanggung rasanya klo tidak menjajal sekalian family track, yaitu track yang melewati hutan jeng-jeng dengan kombinasi tanjakan dan turunan pada kategori light. Track ini lumayan adem, apa lagi pas melewati hutan jeng-jeng, pengennya narsis mulu, lumayan juga buat prewed *loh?*

Panas Terik Matahari Bikin Gowes Lebih Capek, Nyantai Dulu Di Hutan Jeng-jeng

Antrian Menjajal Turunan

Ngadem Dulu Yuk..🙂

3. Health and Bike Clinic

Kembali dari family track, rehat sejenak meluruskan kaki dan melegakan dahaga. Sesi acara health & bike clinic sudah dimulai, para goweser memenuhi tenda-tenda yang sudah tersedia. Sesi Health Clinic diisi oleh Dr. Tedy dan Dr. Lita selaku pembicara didampingi oleh om Abeng.

Health Clinic Bersama Dr. Tedy

Antusiasme goweser pun cukup banyak terhitung dalam sesi ini sedikitnya 20 pertanyaan dilayangkan kepada pembicara, mungkin karena tertarik bonus goodie bag untuk setiap pertanyaan yang dilayangkan. Mau tau ilmu-ilmu apa aja yang didapat selama health clinic ini? nih dia:

a). Ada yang pernah habis gowes “burung”nya tiba-tiba hilang? Ada penjelasanya, ternyata saat kita gowes ketika posisi duduk terlalu tinggi otot kegel akan tertekan akibatnya aliran darah ke “burung” terhenti, ujung-ujungnya kita merasa si “burung” tiba-tiba hilang.

b). Tau istilah heart rate? itu lho banyaknya denyut jantung per satuan waktu, biasanya dihitung dengan satuan bpm (beat per minute). Nilainya akan bervariasi sesuai dengan kadar kebutuhan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Atlit-atlit biasanya memonitor heart rate-nya untuk mendapatkan efisiensi maksimum pada trainingnya. Bagaimana cara mengukurnya? metode paling sederhana adalah dengan menghitung manual denyut nadi anda per 30 detik kemudian dikali 2. Metode yang lebih presisi lagi menggunakan alat yang disebut electrocardiograph atau EKG. Nah heart rate juga ada nilai maksimumnya (HRmax), yaitu batas nilai maksimum heart rate yang relatif aman bagi manusia. Rumus yang umum untung menghitung HRmax adalah sebagai berikut: HRmax = 220 – Age. Klik disini untuk melihat tabel heart rate vs age.

c). Kram, penyakit wajib goweser, apa lagi kalo kebanyakan jajal track nanjak. Nah bagusnya sih mencegah, dengan pemanasan yang cukup, cukupi kadar mineral dalam tubuh dan jangan memaksakan diri, tapi kalau sudah terlanjur bagaimana? pertama luruskan kaki, untuk kram pada betis tekan telapak kaki, lalu urut betis satu arah. Kram pada paha bagian bawah, posisi badan tidur terlentang, luruskan kaki dan diangkat. Kram pada paha bagian atas, lipat lutut, seperti waktu pemanasan. Bisa juga dikasi es atau semprotan spray pendingin, seperti pemain bola internasional. Dan “jangan dikasi balsem” kata Dr. Lita.

d).  Ketika di tengah-tengah aktivitas gowes rekan kita tiba-tiba jatuh dari sepeda, bagaimana cara menolongnya? langkah awal, panggil namanya, jika tidak merespon lakukan sentuhan fisik dengan menyentuh tubuh korban, jika belum ada respon juga, gunakan prinsip ABC, yaitu Air, Breathing dan Circulation. Air, mengecek apakah ada gangguan pada jalan nafas, misalnya akibat kepala tertekuk jalan nafas menjadi terganggu, tindakan yang harus dilakukan adalah atur posisi korban dimana posisi kepala sampai kaki sejajar, kemudian atur posisi kepala agar ektensi (dongak ke atas), tindakan lainnya jika ada singkirkan segala sesuatu yang menghambat jalan nafas seperti permen atau lidah yang terlipat. Breathing, Mengecek nafas korban, dengan cara mendekatkan pipi ke hidung korban, rasakan ada tidaknya hembusan nafas, jika ada nafas maka atur posisi tubuh korban, misalnya setengah duduk. Jika tidak ada nafas tapi ada denyut nadi, lakukan dua kali hembusan nafas dengan cara jepit hidung dan tutupi mulut korban dengan mulut anda dan tiup hingga dada korban terlihat naik, kemudian cek lagi apakah korban dapat bernafas secara normal atau tidak, jika masih belum ada nafas ulangi langkah tadi sampai korban mulai bernafas.

Dr. Lita dan Dr. Tedy Memperagakan Jalur Masuk Udara Pada Manusia

Jika korban saat pemeriksaan awal nadi tidak teraba, maka lakukan Circulation, yaitu melakukan penekanan pada dada korban, posisi penolong harus di sisi kiri korban, posisi salah satu telapak tangan penolong harus tegak lurus dan telapak tangan yang lain menumpu diatasnya, tekan dada 3,75~5cm tepat diantara puting korban sebanyak 30 kali tekanan dan lakukan dua kali sembusan nafas secara berurutan, ulangi sampai titik batas kemampuan penolong atau sampai nadi dan nafas mulai  ada.

Dr. Lita dan Dr. Tedy Memperagakan Metode Pelaksanaan CPR

e). Bagaimana kalau tiba-tiba rekan gowes kita terkena stroke? menurut Dr. Lita, pertama tanyakan kepada korban bagian tubuh mana yang mati rasa atau lumpuh, kemudian tubuh korban dimiringkan ke arah yang mati rasa tersebut. Segera mungkin hubungi pihak medis untuk tindakan lebih lanjut.

4. Bike Clinic

Sesi ini diisi oleh Om Yadi dan Om Taufik selaku pembicara. Membahas cara menyetel tinggi sadel yang pas, perlengkapan yang penting selama gowes, dan serba serbi penggunaan cleat.

5. Charity Fund

Didedikasikan kepada Ibu tua renta yang hidup sebatang kara, dimana biasanya rumah tempat tinggal beliau dijadikan pit stop oleh rekan2 cikarang mtb dan sekitarnya sebelum melakukan eksplore ke arah jembatan gantung maupun bendungan cibeet. Saat ini kondisi rumahnya sudah hampir rata dengan tanah dikarenakan kejadian angin kencang dan hujan lebat beberapa waktu yang lalu. Ditambah lagi kondisi kesehatan si Ibu semakin menurun sampai-sampai tidak bisa berjalan lagi alisa lumpuh. Saat ini si Ibu hidup dengan kakaknya, dan membutuhkan biaya untuk hidup sehari-hari dan pengobatan. Alhamdulillah, secara spontan terkumpul dana sebesar 4 juta rupiah.

Pengumpulan Donasi

Setelah selesai acara, uang yang terkumpul kami serahkan kepada Ibu tersebut disaksikan oleh kakak dan keponakkan beliau. Secara khusus Ibu tersebut menyampaikan rasa terimakasih sebesar-besarnya dan hanya bisa mendo’akan kepada semua goweser yang telah membantu agar diberikan keselamatan. Hal ini disampaikan sambil beliau berliangkan air mata.

Penyerahan Donasi Oleh Om Ardian N.

Desert:

Tentu saja door prize, tersedia helm dan frame sepeda dari polygon selaku pihak sponsor. Sebagai informasi saja acara Saresehan Goweser Se-Cikarang ini disponsori oleh Perumahan Kota Delta Mas, Polygon dan Bikewear yang diorganisir oleh AA Bike dan Cikarang-MTB.

Penyerahan Door Prize, Frame Polygon Nemesis

Diujung acara, goodie bag yang tersedia masih tersedia beberapa tas, panitia memutuskan untuk tidak mengundi siapa yang berhak yang mendapatkannya, jadi goweser bebas mengambilnya, dalam hitungan detik goweser menyerbu, Om Ratman yang mengumumkan Door Prize pun langsung diseruduk jatuh, ha3.. ada-ada saja tingkah goweser.

Om Ratman Pasca Kerusuhan :))

5 Responses to “[Gowes] Saresehan Goweser Se-Cikarang”

  1. Mowantabh reportnya n makasih foto-fotonya Om AJ!

  2. Hee..he..top markotop ….om.aje
    wah ..foto keluarga dimana yah..:)

  3. nice🙂

    bagi para goweser yuk kunjungi website elementmtb.com buat yang ingin tahu tentang jenis-jenis dan tipe-tipe sepeda element..

    dan jangan lupa untuk like page FB “Element MTB” yah..trimakasih ^^ salam gowes untuk semuanya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: