Articles

[My Self] Kadar Hemoglobin Tinggi

In Aje's News, Health on July 29, 2010 by ardisama84 Tagged: ,

Di kantor sedang ada gerakan sosial donor, iseng-iseng jadi tukang jepret keliling alias bagian dokumentasi. Dari jam 10 pagi sampai jam 12 siang, saya sibuk jepretin segala macam kegiatan serta ekspresi panitia, pendonor, dokter dan petugas donor. Pada hari kedua sehabis “maksiat” (baca: makan-solat-istirahat) saya mendaftar diri sebagai pendonor. Tahap awal, mengisi formulir, isinya pertanyaan seputar kondisi kesehatan aktual, cuma berisi pilihan “ya”, “tidak” dan “tidak tahu”. 

Selesai mengisi formulir dengan langkah maju yang mantap sambil menggantung Canon 1000D di leher, saya masuk ke ruang pemeriksaan. Pertama pengecekan tensi darah, tensimeter otomatis pun langsung disembatkan pada lengan saya oleh petugas donor. Jess jess jess jess… tensimeter dipompa, selang beberapa detik hasilnya pun keluar, panel digital menunjukkan angka 129/81, “normal tensinya mas” ujar petugas donor.

Langkah selanjutnya pengecekan golongan darah dan kadar hemoglobin, awalnya si petugas donor menusuk ujung dengan benda tajam sejenis pulpen agar darah bisa keluar, tidak sakit kok. Kemudian si petugas mengambil sampel darah dengan tabung silinder berukuran kecil, kira-kira seukuran korek api.

Darah mendesak naik ke atas tabung silinder tersebut, ketika kira-kira sudah cukup, petugas mengambilnya untuk kemudian diteteskan pada mesin pengukur kadar hemoglobin digital dan kaca persegi ukuran kecil untuk pengecekan golongan darah. “Wah kadar Hb-nya terlalu tinggi mas, belum bisa donor” ujar petugas donor. Angka yang tertera pada panel digital alat ukur hemoglobin menunjukkan angka 18,7 gr/dl. Menurut informasi dari si petugas donor, standar untuk orang sehat yang bisa di donor adalah 16 gr/dl, waw berarti ada margin +2,7 dong. Jika terlalu tinggi darah cenderung kental, nantinya akan membuat lama proses donor, jadi inget temen saya yang donor darah ampe muka biru tapi darahnya ga keluar-keluar :)). Jadi akhirnya kali ini saya gagal donor🙂

Lalu apa sih hemoglobin itu? Menurut Om Wiki, Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh. Kadar hemoglobin menggunakan satuan gram/dl. Yang artinya banyaknya gram hemoglobin dalam 100 mililiter darah.

Nilai normal hemoglobin tergantung dari umur pasien :

  • Bayi baru lahir : 17-22 gram/dl
  • Umur 1 minggu : 15-20 gram/dl
  • Umur 1 bulan : 11-15 gram/dl
  • Anak anak : 11-13 gram/dl
  • Lelaki dewasa : 14-18 gram/dl
  • Perempuan dewasa : 12-16 gram/dl
  • Lelaki tua : 12.4-14.9 gram/dl
  • Perempuan tua : 11.7-13.8 gram/dl

Nilai diatas dapat berbeda pada masing masing laboratorium namun tidak akan terlalu jauh dari nilai diatas. Ada pula laboratorium yang tidak membedakan antara lelaki atau perempuan dewasa dengan lelaki atau perempuan tua.

Bagaimana cara mengukurnya? seperti saya sebutkan diatas, mesin pengukur kadar hemoglobin digital. Mesin pengukur akan memecah hemoglobin menjadi sebuah larutan. Hemoglobin dalam larutan ini kemudian dipisahkan dari zat lain dengan menggunakan zat kimia yang bernama sianida. Selanjutnya dengan penyinaran khusus, kadar hemoglobin diukur berdasarkan nilai sinar yang berhasil diserap oleh hemoglobin.

Lalu apa artinya kadar hemoglobin saya tinggi? biasanya kadar hemoglobin yang lebih tinggi dari normal dapat dilihat pada orang yang perokok. Well, saya bukan seorang perokok. Ada lagi nih ternyata Dehidrasi menghasilkan hemoglobin tinggi palsu yang menghilang ketika keseimbangan cairan yang tepat dipulihkan. Karena itu saya disarankan banyak minum air putih🙂.

8 Responses to “[My Self] Kadar Hemoglobin Tinggi”

  1. gan sumbernya dari mana??? bisa nga aq minta alamatnya…

  2. searching aja di google, sya juga sudah lupa😀

  3. juragan mau tanya, selain banyak minum ada makanan atau buah yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar hb tsb nggak ?
    Berapa lama pengaruh minum tsb supaya kadar hb jadi turun.
    saat donor di kantor HB saya 17.0 (kelebihan) lalu selama sejam banyak minum, malah hb-nya naik jadi 17.5 Gagal donor. Minggu berikutnya pas pulang ke daerah bisa donor krn PMI daerah alatnya gak canggih (masih yang tetesan dimasukan ke larutan). jadi langsung aja diambil, gak lama juga kok

  4. wah ini pengalamannya sama dengan saya…
    padahal saya juga berniat ingin donor darah…
    eh…alhasil saya tidak boleh donor karena Hb darah saya 17.9
    jadi malu euh…

  5. […] hasil pencarian yang lain, ternyata ada juga orang lain yang curcol mengenai kadar hemoglobinnya juga yang berlebih dan ditolak juga untuk melakukan donor […]

  6. sama kyak pengalaman saya gan gara2 HB tinggi saya ditusuk jarum smpek 5x… baru pertama donor lagi…padahal sya bkan perokok minumpun juga banyak…

  7. saya jg punya pengalaman yg sama dengan juragan sekalian, barusan saya jg ditolak untuk kedua kalinya. Hb tinggi 18,2. Pengalaman pertama 3 bulan lalu, jg ditolak karena Hb waktu itu.17,8. Terus oleh dokter jaga saya disarankan banyak berolahraga, minum air putih, jangan begadang, cukup istrirahat dan kurangi konsumsi sayuran hijau. ………… 1 minggu kemudian Hb saya berhasil turun ke angka normal…………….. Sekarang saya rutinin lagi olahraga………….mudahan pengalamaan saya ini berguna untuk kelompok juragan ber Hb tinggi ……….hihihihi

  8. ikut nimbrung juragan, sy donor dah yg ke 20 x pd 18 juni 2012 di tempatku kerja tiap 3 bln sekali diadakan, tapi dah 1 th ni 17 juni 2013 mau donor cek darah hb 17,07 ditolak lagi, ada apa ini selalu di tolak, hasil cekup dak ada masalah, kata dokter banyakin minum, kurangi sayur hijau, olahraga teratur, istirahat cukup terus apalagi ya jadi takut ni……..

Leave a Reply

