Articles

[Sekedar Tau]: Lesson 6. Tripod

In Education, Kamera on July 20, 2010 by ardisama84 Tagged: , , , , ,

Rasulullah SAW dalam bersabda “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yg paling banyak manfaat bagi orang lain” {H.R. Bukhari}. Dari pada ilmu terbuang percuma akibat tak pernah dipakai dan pengaruh usia, lebih baik di-share dalam bentuk tulisan. Mau ngerti atau ngga yang penting sekedar tau aja :D

Ketika sedang mengambil gambar dalam slow-speed exposure atau pada saat menggunakan lensa tele, pergerakan pada badan kamera ketika shutter terbuka akan menghasilkan gambar yang blur. Untuk itulah dibutuhkan tripod, sesuai dengan namanya, tripod merupakan perangkat fotografi berkaki tiga yang menopang kamera. Dengan harga mulai dari 90rban, perangkat ini berguna untuk meredam pergerakan camera (camera shake) pada saat mode fotografi still maupun motion, sehingga menghasilkan gambar yang tajam.

Tripod terdiri dari bagian kaki yang bisa diatur tinggi rendahnya, setelah pas, baru kemudian dikunci (locking), bagian telescoping yang bisa dinaik-turunkan dan bagian head, yang merupakan tempat mounting kamera. Ada beberapa jenis untuk head tripod sendiri, yang umum digunakan adalah ball head dan pan-tilt head.

  • Jenis ball head mampu melakukan rotasi pada seluruh sumbu. Kelebihan dari jenis ini adalah lebih stabil dan kuat menahan beban yang berat, kekurangannya adalah hanya memiliki satu kontrol untuk seluruh rotasi sumbu, sehingga jika kita merubah arah rotasi pada suatu sumbu, maka pasti akan merubah rotasi sumbu lainnya juga. Jadi penggunaanya cocok pada saat pengambilan gambar yang membutuhkan pergerakan bebas (free-flow movement).
  • Jenis pan-tilt head memiliki kontrol sumbu terpisah untuk tilting dan panning, jadi suatu sumbu dapat dikontrol tanpa khawatir akan merubah sumbu lainnya. Untuk itu penggunaan head jenis ini cocok ketika hanya dibutuhkan satu atau dua sumbu yang bergerak/rotasi, seperti ketika melakukan fotografi macro yang mana membutuhkan presisi dalam pengaturan posisi kamera. Umumnya pan-tilt head memiliki dua atau tiga sumbu yang dapat dikontrol, yaitu untuk rotasi panning, tilting dan lateral (naik-turun).

Selain tripod jenis tadi ada juga variasi jenis tripod lainnya, salah satunya adalah tripod gorilla, tripod ini dapat nankring dimana aja, seperti pohon, lengan tangan, palang besi dan lain-lain, kalau baca dari spesifikasinya sih mampu menahan beban sampai 5 Kg. Sudah banyak dijual di bursa.fn dengan bandroll 150rb, belom termasuk ongkir lho😀

Hampir lupa, ada juga monopod, sama seperti tripod, hanya saja hanya memiliki satu kaki, dipakai bila fotografer sudah tidak kuat lagi menahan beban dari kamera dan lensanya *waduw letoy dong om :p*. Ingat biar ga ngerti yang penting [Sekedar Tau] aja, salam :) .

6 Responses to “[Sekedar Tau]: Lesson 6. Tripod”

  1. mana photo slow speed lo pake tripod jek masak cman posting sekedar tau daonk.. photo2 curug mana jek

  2. hmm, berati punya gw yang jenis pan-tilt head y. udah jamuran juga tuh gak pernah dipake

  3. nice post..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: