Articles

[Sekedar Tau]: Intermezzo 3. Khas Sumbawa

In Aje's News, FoodieDrinkie, Road Trip on July 19, 2010 by ardisama84 Tagged: , , , , , ,

Sumbawa, sebuah pulau dengan luas 15448 km², terletak disebelah timur pulau Lombok. Waktu masih lucu-lucunya, saya sempat tinggal di pulau ini, tepatnya di kota Sumbawa Besar, pada tahun 1988 sampai akhir 1990. Ternyata kata BESAR merupakan akronim dari:

  • B Bersih (Clean),
  • E Elok (Beautiful),
  • S Sehat (Healthy),
  • A Aman (Safe),
  • R Rapi (Proper).

Dulu kota ini cukup panas, kering dan lalu lintas yang tidak begitu padat. Bahasa daerah yang digunakan sehari-hari, biasanya bahasa samawa, sasak dan bali, tapi jika ingin kesana jangan khawatir, bahasa indonesia juga sering digunakan. Transportasi umum di Sumbawa adalah bemo (mungkin kalau di jakarta angkot namanya) dan Cidomo (sejenis dokar). Pariwisata Sumbawa belum berkembang seperti di Bali, tapi jangan salah pantai-pantai yang belum terjamah tidak kalah indahnya dibanding di Bali, bahkan pada beberapa titik pantai sudah menjadi langganan wisatawan manca negara yang ingin surfing. Ingin kesini? Bisa menggunakan pesawat via Mataram, atau memanfaatkan kapal ferry, kalau yang ini paling tidak harus punya kendaraan pribadi ataupun sewa, karena posisi kota Sumbawa Besar dari pelabuhan Pototano cukup jauh.

Ada tiga jenis oleh-oleh yang lumayan terkenal dari sumbawa, yaitu:

1. Madu Asli Sumbawa.

Madu Sumbawa denger-denger sih bukan diambil dari madu ternak, melainkan madu yang diambil dari hutan pulau Sumbawa. Jadi 100% alami dan mengandung lebih banyak vitamin dan mineral. Berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas dan membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit.

2. Susu Kuda Liar.

Hee? kuda liar? kuda mustang seperti di iklan Marlboro maksudnya? bukan!! kuda liar yang dimaksud disini adalah kuda peliharaan yang dibiarkan berkeliaran, mencari makan sendiri. Berdasarkan kesaksian banyak orang, bila dikonsumsi secara rutin, susu kuda liar Sumbawa berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain:
Anemia, Asam Urat, Asma, Avitaminosis, Bronchitis, Gangguan pencernaan, Ginjal, Kencing manis (diabetes), Leukimia, Liver, Menurunkan kadar kolesterol dalam darah, Paru-paru basah, Rematik dan TBC. Dan bila dicampur dengan madu, jahe dan kuning telur ayam kampung, susu kuda liar bisa meningkatkan vitalitas pria, Ho3.. Berminat?

3. Minyak Sumbawa.

Minyak Sumbawa biasa digunakan sebagai obat luar maupun obat dalam, dibuat dari bahan-bahan alami, ramuan berbagai macam akar tumbuhan, beberapa jenis kayu, dan bahan-bahan lain. Untuk pengobatan luar: Luka dalam, memar bekas jatuh, atau luka terkena pukulan, Keseleo, salah urat, pegel linu, dan sejenisnya, Luka karena infeksi, luka baru, kudis, koreng, penyakit kulit, gatal. Sedang untuk pengobatan dalam *saya tidak pernah mencobanya* katanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh jika dicampur dengan teh atau susu, wah saya tidak berani mencobanya untuk pengobatan dalam deh, soalnya bau minyak ini agak menyengat :-p.

Ingat penting ga penting yang penting [Sekedar Tau] aja, salam :p.

2 Responses to “[Sekedar Tau]: Intermezzo 3. Khas Sumbawa”

  1. susu kuda liar yang bagaimana yang asli?????balas

  2. minyak sumbawa yg asli seperti apa botolnya dan berwarna apa cairan nya?
    ……………..tolong dibalas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: