Articles

[Sekedar Tau]: Lesson 4. Filter UV

In Education, Kamera on July 16, 2010 by ardisama84 Tagged: , , , , , , ,

Rasulullah SAW dalam bersabda “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yg paling banyak manfaat bagi orang lain” {H.R. Bukhari}. Dari pada ilmu terbuang percuma akibat tak pernah dipakai dan pengaruh usia, lebih baik di-share dalam bentuk tulisan. Mau ngerti atau ngga yang penting sekedar tau aja :D

Filter UV umumnya digunakan untuk melindungi elemen bagian depan dari lensa kamera, karena filter ini berwarna netral jika dilihat dengan mata biasa dan tidak terlalu mempengaruhi hasil gambar. Pada kamera film, filter uv berfungsi untuk mem-blok sinar uv yang dapat mempengaruhi exposure kamera. Untungnya hal ini berbeda dengan sensor kamera digital, karenanya filtrasi uv tidak lagi dibutuhkan.

Pada kamera digital, sering terjadi perdebatan tentang penggunaan filter uv,  antara perlindungan lensa dan potensi turunnya kualitas gambar. Untuk lensa SLR berharga mahal, meningkatkan perlindungan terhadap lensa sering menjadi faktor penentu mengapa digunakannya filter uv, karena lebih mudah dan murah untuk mengganti filter daripada mengganti atau memperbaiki lensa, lalu bagaimana dengan lensa yang tidak mahal? Hal ini kembali pada pilihan pribadi masing-masing.

Kualitas gambar yang bagaimana sih yang diturunkan akibar penggunaan filter uv? ini dia nih, penggunaan filter uv dapat meningkatkan lens flare, menambah  sedikit color tint *apa nih maksudnya?* dan mengurangi kontras. Untuk itu maka muncullah filter uv multicoated yang secara dramatis *halah* mampu mengurangi potensi munculnya flare dan menjaga filter agar tetap bersih yang ujung-ujung bakal memperkecil kemungkinan turunnya kualitas gambar akibat penggunaan filter uv.

Pertimbangan lain mengapa digunakannya filter uv adalah mungkin dapat menambah harga jual kembali lensa dengan tetap menjaga elemen bagian depan lensa tetap dalam mint-condition.

Jenis-jenis filter bermacam-macam, tapi yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

Sebenarnya saya nulis apaan sih di atas? *bingung sendiri*. Ingat biar ga ngerti yang penting [Sekedar Tau] aja, salam :) .

Ref:

3 Responses to “[Sekedar Tau]: Lesson 4. Filter UV”

  1. oo.. filter tu buat ngayak sinar jek?

  2. idih ngehe yudi baru tau wahahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: