Articles

[Sekedar Tau]: Lesson 2. Silica Gel

In Education, Kamera on July 14, 2010 by ardisama84 Tagged: , , , ,

Rasulullah SAW dalam bersabda “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yg paling banyak manfaat bagi orang lain” {H.R. Bukhari}. Dari pada ilmu terbuang percuma akibat tak pernah dipakai dan pengaruh usia, lebih baik di-share dalam bentuk tulisan. Mau ngerti atau ngga yang penting sekedar tau aja :D

Apa sih silica gel?? itu lho butiran-butiran kecil yang dibungkus pada kantung kertas tipis berongga, biasa ditemukan pada kemasan makanan, obat-obatan, sepatu, pakaian, kotak paket, kamera, alat-alat komputer dan berbagai jenis peralatan lainnya.

Silica gel bekerja dengan cara menyerap kelembaban udara dan kadar air yang terkandung pada ruangan berudara/bersuhu, jadi intinya silica gel berfungsi untuk membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang disimpan, misal: jamuran.

Silica gel yang berada di pasaran umumnya berwarna biru, ketika silica gel telah menyerap banyak kelembaban, maka warnanya akan berubah menjadi merah muda dan tidak bisa lagi menyerah kelembaban. Untuk itu silica gel perlu diregenerasi, caranya dengan menghangatkannya pada oven atau dijemur di terik matahari untuk membuang kelembabannya, jika sudah, warnanya akan kembali biru dan bisa digunakan kembali.

Kelembaban normal untuk menyimpan kamera adalah 35%-55%, bisa diukur dengan menggunakan Hygrometer. Jika kelembaban mencapai 20% atau kurang, maka akan menyebabkan kekeringan pada lensa maupun kamera, seperti seal pada beberapa bagian menjadi keras dan part bergerak yang menggunakan pelumas juga akan mengering dan mengakibatkan kerusakan fatal. Apabila kelembaban mencapai 60% atau lebih, maka kandungan air di udara akan menyebabkan timbulnya jamur pada lensa.

Silica gel sendiri sudah banyak dijual di pasaran, silahkan cek di kaskus.us atau bursa.fotografer.net, mulai dari yang kiloan, sachetan sampai yang electric (rechargeable silica gel) tersedia. Sedangkan saya sendiri, karena sekarang masih aktif bekerja di lingkungan elektronik (baca: pabrik elektronik), maka saya cukup ambil saja di lokasi pembuangan material tidak terpakai *jadi merasa pemulung*, dari pada sia-sia dibuang He3.. ^^y. Kalo mo minta sedikit tinggal bilang aja, mungkin saya bisa kasi 3-4 sachet, dateng langsung ke tempat lho ya, ga melayani pengiriman *lagi ga musim, susah dapetnya*. Ingat biar ga ngerti yang penting [Sekedar Tau] aja, salam🙂.

5 Responses to “[Sekedar Tau]: Lesson 2. Silica Gel”

  1. kok fokus fotonya malah ke buah pinus nya ?

  2. Ha3.. iya misfocus nih :p

  3. kok ada buah pinusnya jek maksudnya apa??

  4. baru tau ane gan, bisa di jemur lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: