Articles

T-Shirt for Humanity

In Aje's News on January 21, 2009 by ardisama84

Indonesia yang dulu terkenal dengan ragam-budaya, ramah-tamah, kesederhaannya, serta melimpahnya sumber daya alam ampe ada lagu tanem batang tumbuh pohon, sekarang apakah kita masi sekaya itu? Mari kita lihat kembali potret gelap bangsa ini.

Potret Kemiskinan PapuaSuku-suku pedalaman Papua masi hidup seperti jaman prasejarah?? tanpa sandang dan pangan yang memadai, tak ada pendidikan yang cukup (bukannya ini ada disalahsatu pasal UUD 45, apa mereka bukan warga negara RI?), apa lagi teknologi. Sebagai anak kelahiran papua saya kecewa sekali melihat hal ini, Tanah papua hanya disedot hasil buminya saja, apa bedanya kita dengan penjajah jepang atau belanda waktu jaman jebot dulu. Apakah pemerintah masih santai-santai saja selama melihat mereka masih tersenyum dengan polosnya dan menunggu sampai mereka memberontak minta untuk merdeka, tentunya negara-negara lain yang menginginkan pecahnya indonesia dengan senang hati membantu, akan kasus lepasnya timor-timur akan kembali terulang pada papua? bila terjadi, hancurlah kesatuan negara kita.

1158082393pengemis

Jangankan di daerah-daerah miskin, di kota besar pun potret kemiskinan banyak ditemui. Kapan kita akan menjadi bangsa yang utuh kalo hal seperti ini masih saja dipelihara.

Terinspirasi dari “Pembuatan Kaos Marco Ver. 2” yang menjadi kontroversi di kalangan marcofellow, tadi malam saya mendapat ide ini. Indonesia dengan penduduk lebih dari 200 juta, tentunya kepala-kepala dengan ide kreatif tak terhitung jumlahnya. Sayangnya hanya beberapa persen saja yang berhasil dan muncul ke permukaan media. Untuk itu impian saya adalah merangkul sebanyak mungkin para designer untuk mendesign kaos dengan ide beda dan kreatif, nanti hasil dari ide cemerlang para designer itu akan diproduksi secara masal, kemudian dijual kemana pun, entah itu pasar, swalayan, mall, distro bahkan klo mungkin sampai ke arisan ibu-ibu RT *wakakaka, ehm.. sori berlebihan*. Nah sisa keuntungan akan kita bikin lagi kaos, tapi ini akan kita sebarkan ke seluruh Indonesia bagi Warga Negara RI yang kurang mampu, sebagai contoh suku-suku pedalaman Papua, Gelandangan di kota-kota besar maupun sedang, bahkan mungkin bisa di sumbangkan ke negara-negara lain yang membutuhkan seperti negara-negara miskin Afrika, daerah konflik seperti Palestina… Wah jadi Global!!

non-profit-tmoKalau AQUA saja bisa mempromosikan program 1 liter AQUA untuk 10 liter air bersih, tentunya program 1 kaos untuk 2 atau 3 kaos bersih untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan bisa terwujud. Tidak terbatas hanya pada kaos, segala jenis apparel lain seperti jaket, celana sepatu sampai kaos kaki bisa dijadikan kanvas untuk ide-ide jenius kalian. Mari kira hangatkan Indonesia yang terlanjur dingin oleh kejamnya Krisis global. Akankah ide ini terwujud? Hanya diri kita masing-masing yang bisa menjawabnya…

8 Responses to “T-Shirt for Humanity”

  1. ajeee … emang km orang papua yak ?
    kok gak bilang bilang ?

  2. wah je, menyentuh sekali…

    emang parah ya indonesia, yang maju cuma pulau jawa aja (itu jg di kota2 tertentu)..:-/
    papua kaya SDA tapi rakyatnya masih hidup seperti itu..(miris banget)

    Didukung 100% lah je….

  3. good idea…

    klo ada follow up plan yg tangible nya akan sangat bagus bgt🙂

    • Hehehhehe…
      Butuh: 1. Plan Maker
      2. Designer2 Suka Rela
      3. Vendor Sablon Keren tapi harga miring
      4. Donatur Handal
      5. Marketing Yahud
      Saya hanya IDEA Maker…😀

  4. tumben otak lu sosial juga, je..
    mantap..
    dimulai aja,
    gw dukung..

  5. ayo pemerintah pusat dan daerah, bangun daerah papua yang kaya akan SDA,.

  6. tolong babtuan nya para donatur…untuk kluarga yang membutuhkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: